Wednesday, March 9, 2016

Desain Gerobak Batagor Pesiar

desain gerobak batagor
Desain Gerobak Batagor Pesiar

Desain Gerobak Batagor Pesiar

Batagor jenis jajanan khas kota kembang bandung yang sudah dikenal hampir diseluruh wilayah indonesia, batagor singkatan dari baso tahu goreng, secara umum batagor terbuat dari tahu yang sudah dilembutkan diisi adonan ikan tenggiri atau bakso kemudian digoreng, disajikan dengan saus bumbu kacang, kecap manis serta perasan jeruk nipis sebagai pelengkapnya.

Cerita dibalik batagor dari kota bandung yang dikutip dari tulisan harry dim, Sekitar tahun 1950 an, seorang pemuda asal Purwokerto Jawa Tengah bernama Isan mengadu nasib ke kota Bandung mencari pekerjaan namun tidaklah mudah, menyadari dirinya tidak memiliki ketrampilan dan bekal ketrampilan apapun yang memadai, kesana kemari selama tiga bulan mencari pekerjaan tanpa ada yang mau menerimanya.

Singkat cerita Isan akhirnya memutuskan berjualan baso kukus keliling dari gang ke gang dengan cara dipikul, hingga suatu hari daganggannya tidak habis dan tidak bisa dijual untuk ke esokan harinya karena pasti akan basi, dibuang sayang akhirnya Isan berpikir praktis baso tahu tersebut dikukus lalu digoreng dan dibagi bagikan secara cuma cuma kepada tetangga sekitar kontrakannya disekitar gang Situ Saeur jalan Kopo Bandung. Kedermawaan ini berulang ulang bahkan selama bertahun tahun, hingga sudah menjadi semacam tradisi, sampai pada akhirnya tanpa disadari para tetangganya mulai merasakan kelezatan olahan baso goreng buatan Isan.

Hingga pada akhirnya dagangan baso kukusnya laris membuat para teman serta tetangganya sering menanyakan baso tahu goreng yang biasa dia bagi bagikan, bahkan diantara mereka bermaksud membelinya, melihat antusias tersebut Isan mulai mencoba menjajakan baso tahu yang telah digoreng, bahkan lebih laku dari baso yang biasa ia jajakan, sejak saat itu pula mereka menyebut baso tahu goreng buatan Isan dengan sebutan akronim Batagor.

Pada akhirnya ditahun 1968 isan mulai merintis menjual baso tahu kukus yang digoreng, usahanya kian berkembang pembeli serta pelanggan kian bertambah, hingga Isan mulai kewalahan dalam proses pembuatannya yang memakan dua tahap proses pembuatannya, baso tahu kukus baru kemudian digoreng. Isan pun mencoba mengubah cara pembuatannya dengan mematangkan tanpa dikukus, melainkan adonan mentahnya langsung digoreng, tekhnik inilah yang kemudian menjadi acuan umum pembuatan batagor. Sejak saat itulah Isan mengalami peningkatan pelanggan hingga diawal tahun 1980 menyewa sepetak lahan untuk berjualan agar tidak berkeliling kampung lagi, namun lahan tersebut tidak memadai lagi untuk menampung para pelanggan, hingga akhirnya Isan pindah kesebuah rumah yang relatif lebih luas tepatnya di jalan Bojongloa No. 38 Bandung, hingga sampai sekarang terkenal dengan sebutan Batagor Isan.

Beragam desain jenis gerobak sudah saya buat, mulai dari tahap desain gerobak sampai produksi gerobak, dari desain gerobak makanan sampai gerobak minuman, bahkan gerobak motor, gerobak waralaba, gerobak unik, gerobak kuliner sampai gerobak imut. Seperti dalam gerobak batagor kali ini yaitu gerobak batagor pesiar, dari mulai tampilan desain logodesain poster saya bantu sampai pada tahap jasa pembuatan gerobak.

design gerobak | logo kuliner | gerobak dorong | gerobak bandung | logo usaha
Info jasa produksi gerobak unik, pembuat gerobak atau produksi gerobak

No comments:

Post a Comment